Perkembangan teknologi semakin berkembang karena saling berhubungan dengan kehidupan sehari – hari manusia, multimedia merupakan peranan penting bagi kehidupan sehari – hari manusia. contoh pentingnya peranan multimedia dalam kehidupan sehari – hari :

1. Bagi Bidang Kedokteran

Peranan multimedia di bidang kedokteran adalah membantunya jalannya pekerjaan dokter untuk memeriksa pasiennya dan dapat mempermudah memeriksa bagian dalam organ tubuh untuk mengecek bagian manakah penyakit yang diderita pasiennya. untuk mendata administrasi dan juga sebagai pengelola bagian obat – obatan di Rumah Sakit.

2. Bagi Bidang Industri

Multimedia sangat penting di bidang industri seperti alat – alat instrumentasi untuk membantu berjalannya proses produksi pabrik, dapat mempermudah untuk mengetahui kondisi mesin produksi apakah keadaan mesin produksinya baik atau dalam keadaan rusak, dapat memantau kondisi mesin produksi dan aktifitas produksi dari jarak yang jauh dan juga dapat dipakai untuk mengatur data keluar dan juga masuk kegiatan perusahaan tersebut.

3. Bagi Bidang Komunikasi

Pada bagian bidang komunikasi multimedia memiliki peranan sangat penting dimana hampir semua piranti pendukung komunikasi dari multimedia antara lain sebagai radar alat pelacak untuk pesawat terbang dimana dapat mengetahuia posisi pesawat terbang dalam perjalanan, sebagai pemberi informasi di tempat umum seperti stasiun kereta api, terminal bis, pelabuhan dan juga lainnya.

4. Bagi Bidang Bisnis

Untuk bagian Bisnis multimedia sangatlah penting untuk media promosi produk untuk dipasarkan di pasaran seperti di internet maupun di tempat umum yang dimana sangat cocok untuk memasarkan produk yang akan dipasarkan.

5. Bagi Bidang Riset

Tanpa adanya piranti multimedia, aktivitas untuk melakukan riset penelitian tidak akan berjalan dengan lancar dan baik. Multimedia di bagian riset yaitu untuk membantu meneliti bagian yang sangat sulit didapat oleh kita, seperti meneliti zat dan partikel – partikel kecil yang ukurannya sangatlah kecil.

6. Bagi Bidang Musik

Peranan di bidang musik untuk mengatur level dari bagian beberapa bagian suara untuk menghasilkan suara yang sangat baik untuk didengar, untuk mengeluarkan suara dari instrumen musik yang akan dimainkan, membantu kita untuk melakukan suatu rekaman.

7. Bagi Lingkungan Rumah

Multimedia bagi lingkungan rumah juga sangat penting dan dibutuhkan untuk kebutuhan sehari – hari, untuk mengetahui informasi dan hiburan, informasi komunikasi, kebutuhkan rumah tangga dan masih banyak lagi yang sangat diperlukan untuk di lingkungan rumah.

Point point diatas adalah peranan dan pentingnya multimedia bagi kehidupan sehari Рhari.