Komputer merupakan salah satu benda yang bisa dikatan fenomenal karena mampu membantu meringankan atau memudahkan pekerjaan sesorang maupun orang banyak. Selan itu juga Komputer mampu menyimpan sampai dengan milyaran data dalam sebuah komponen yang memiliki ukuran tidak terlalu besar atau yang sering disebut dengan hardisk. Pernahkah kita berfikir bagaimana sebuah perangkat yang bernama komputer itu bisa bekerja sedemikian rupa sehingga mampu membuat berbagai variasi hasil karya yang sangat menakjubkan? tentu pernah terbersit dalam pikiran kita tentang pertanyaan itu. Jika kita ingin mengetahuinya lebih dalam, tentu kita harus berusaha keras untuk fokus mempelajari tentang apa itu komputer.

fungsi dan manfaat komputer bagi kita :

  1. Komputer sebagai sarana mempermudah kerja :Dengan adanya komputer banyak pekerjaan yang yang dapat di selesaikan dengan mudah, salah satu contohnya bila dahulu orang mengetik surat harus dengan mesin tik, dan jika ada kesalahan maka kertas tersebut akan di robek dan harus di ketik ulang kembali. Dan selain itu dengan mesin tik dokumen yang telah di ketik tidak dapat di edit kembali. Jadi dengan mesin tik harus penuh ketelitian dalam mengetik jika tidak mau salah terus. Sementara dengan menggunakan komputer kita dapat mengetik dokumen, mengedit dokumen dan menyimpan dokumen tersebut untuk dapat di edit berulang-ulang. Resiko yang didapat tidaklah sama dengan mesin tik.
  2. Komputer sebagai Alat Hiburan

Dahulu alat hiburan hanyalah Radio, tape, Televisi dan jalan-jalan untuk harus mengetahui kondisi dan situasi dari satu wilayah. Dengan adanya komputer kita dapat menghibur diri kita dengan berbagai fasilitas yang terdapat pada komputer antara lain :

  • Mendengarkan  musik melalui CD/DVD  atau melalui Internet, kemudian dapat dapat disimpan di komputer untuk didengarkan berulang-ulang.
  • Menonton Video melalui kaset CD/DVD atau melalui Internet, kemudian dapat dapat disimpan di komputer untuk didengarkan berulang-ulang.
  • Bermain Game, dengan menggunakan aplikasi game yang kita Install sendiri atau Game online dengan Internet.
  • Berhubungan dengan teman di seluruh dunia dengan fasilitas Chating atau bisa bertatap langsung menggunakan webcam
  • Menonton TV, baik menggunakan saluran TV Reciver yang kita pasangkan pada komputer atau melalui TV Chanel Online melalui Internet.
  • Informasi Travel,mencari tempat untuk dikunjungi dan memesan tiket transprotasi baik secara online atau datang langsung ke tempat travel.
  • Informasi Produk, mencari produk yang berkualitas dan bagus yang kita inginkan . Semua produk yang di inginkan ada dari pakaian, alat perabotan, teknologi dan yang lainnya.
  • Informasi Pekerjaan, terutama masalah lowongan kerja.
  • Informasi Berita, mencari ulasan tentang kejadian-kejadian sekarang maupun yang lama baik berita dalam maupun luar negeri

BAGAIMANA KOMPUTER ITU BISA BEKERJA
Jelas kita bertanya-tanya bagaimana komputer itu bisa bekerja dan menghasilkan karya yang begitu bervariasi. Kok bisa begitu yaa? mungkin ini sedikit jawabannya.
Menurut Arsitektur Von Neumann, dia menggambarkan komputer dengan empat bagian utama yakni

  • Unit Aritmatika dan Logis (ALU),
  • unit kontrol,
  • memori, dan
  • alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, “bus”

Dari ke empat bagian itu ada penjelasan masing – masing, dan akan tetapi jika ingin mengerti secarai garis besarnya maka bagaimana komputer itu bisa bekerja kurang lebih jawabannya seperti berikut : Cara kerja komputer secara garis besar terbagi ke dalam tiga golongan yaitu :

Input, yaitu Media yang digunakan untuk memasukan data ke dalam process, media ini seperti Keyboard,Mouse,Tave Recorder, HandyCam, CAM dan lain-lainnya.

Process, yaitu suatu alat yang digunakan untuk memproces data dari Input yang nantinya akan di keluarkan ke system Output. Proces ini berperan penting dalam system Komputer. Media untuk process yang sudah menjadi system yang utuh yaitu biasa kita kenal dengan Mainboard atau sering disebut dengan Motherboard. dimana di dalam mainbord ini sudah termasuk di dalamnya yaitu CPU (Central Processing Unit), biasanya orang menyebut CPU itu adalah sudah dalam satu kemasan beserta Casingnya yang berbentuk kotak yang lengkap didalam nya. Sebenarnya jantung dari semua proces data itu terletak pada inti yang bernama yaitu Processor, Processor ini merupakan komponen Elektronika yang sudah terprogram dengan rangkaian-rangkain logika di dalamnya. contoh processor misalnya Pentium 1, pentium 2, sampai dengan pentium 4 dan yang lebih populer sekarang ini pentium Core 2 duo atau core Duo.

Output, yaitu media keluaran dimana media ini adalah untuk menampilkan hasil data dari proces tersebut, media Output ini berupa PRinter, Plotter, dll.

Arsitektur dasar mesin tipe Von Neumann menjadi kerangka referensi pada komputer digital umum (general-purpose) modern. 3 bagian fundamental tersebut adalah :

Untitled111

Program disimpan dalam unit memori utama yang berhadapan dengan piranti I/O melalui CPU. CPU membaca dari atau menulis ke memori, dengan mengirimkan alamat word ke unit memori melalui bus address kemudian menerima atau mengirimkan data melalui bus data. Data dipertukarkan antara CPU dan Unit I/O juga dengan menggunakan bus data. Operasi disinkronisasikan oleh dua bus control dengan sinyal kendali yang dikirimkan oleh CPU dan sinyal acknowledgment serta sinyal interupsi yang diterima oleh CPU.

Organisasi CPU

 cats

CPU disusun oleh 3 bagian utama yang disebut dengan Kumpulan Register (Register Set), ALU (Arithmetic Logic Unit) dan CLU (Central Logic Unit).

Gambar berikut disebut jalur data dan berisi register-register (terutama 1 sampai 32), ALU (Arithmetic Logic Unit) dan beberapa bus yang menghubungkan bagian-bagian tersebut. Register-register tersebut melengkapi dua register untuk input ALU, yang dalam gambar diberi label A dan B. Register-register ini menyimpan input ALU sementara ALU menjalankan fungsi perhitungan.

catsa

Referensi :

Ricky Staff Gunadarma, sa. “CPU.” Control Processing Unit. N.p., 28 Februari 2011. Web. 15 Nov 2013. <http://ricky.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/21939/5 CPU.doc>.

9Triliun.com, WordPress. “Fungsi Komputer.” Fungsi Komputer. N.p., 14 Juni 2013. Web. 15 Nov 2013. <http://9triliun.com/artikel/1202/fungsi-komputer.html&gt;.

Karang Taruna Bhakti Bulang, Blogspot. “Memahami Pengertian CPU / Komputer secara umum.” Memahami Pengertian CPU / Komputer secara umum. N.p., 7 november 2013. Web. 15 Nov 2013. <http://karangtarunabhaktibulang.blogspot.com/2013/11/memahami-pengertian-cpu-komputer-secara-umum.html&gt;.