Pada dasarnya setiap penulisan yang kita lakukan itu harus didasari dengan aturan dan etika yang harus dilakukan, tidak sembarangan menulis di blog ini karena semua kegiatan yang dilakukan harus terstruktur untuk mencegah dari kesalah pahaman baik dari penulis dengan pembaca. pada artikel ini saya menjelaskan tentang bagaimana cara menulis yang baik dan benar, etika – etika apa saja yang ada dalam menulis di internet/ blog dan juga pasal – pasal yang sudah ditetapkan.

Di dunia maya aturan-aturan atau kaidah hukum bersifat tertulis maupun tidak tertulis. Aturan tidak tertulis bisa berupa pernyataan sikap dari pembaca yang membaca informasi di blog, email, atau milis yang diwujudkan dalam bentuk komentar-komentar terhadap tulisan penulis, bila tulisan itu tidak berkenan atau bertentangan dengan nilai atau etika biasanya si penulis akan dihujat oleh pembaca melalui fasilitas komentar atau email balik bila melalui email atau milis. Sedangkan aturan tertulis bisa berupa peringatan yang ditulis oleh pembuat blog atau administrator milis agar tercipta komunikasi yang sehat, sopan, dan saling menghargai. Misal Tidak boleh menulis dengan menggunakan capslock, karena sama saja seperti memaki, tidak boleh menulis hal-hal yang berbau SARA, Pornografi dan sebagainya, dan bila tulisan adalah hasil karya orang lain harap dicantumkan nama penulis dan alamat URLnya.
Dibawah ini saya cantumkan berbagai macam etika dalam penulisan di internet yaitu ;
1. Tidak mengandung unsur SARA
2. Tidak diperbolehkan menggunakan kata kasar atau menyinggung perasaan seseorang
3. Menggunakan kalimat sesuai EYD
4. Tulisan yang dibuat bukan hasil plagiat atau mencontek
5. Tulisan haruslah fakta bukan kebohongan
6. Menulis untuk memberikan informasi yang berguna bagi pembacanya
7. Tidak menulis sesuatu yang bersifat negatif dan menimbulkan provokasi

 

dan selain di dalam sepuluh etika tersebut,
Di Indonesia aturan atau kaidah hukum mengenai etika menulis di internet pun sudah di undang-undangkan yang ditetapkan tahun 2008. Aturan itu adalah Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau UU ITE.
Pada UU ITE perbuatan yang dilarang menyangkut isi tulisan tertuang pada BAB VII pasal 27 ayat satu sampai empat dan pasal 28 ayat satu dan dua.
Pasal 27
(1) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/ataumembuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan.
(2) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/ataumembuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatanperjudian.
(3) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/ataumembuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatanpenghinaan dan/atau pencemaran nama baik.
(4) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/ataumembuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatanpemerasan dan/atau pengancaman.
Pasal 28
(1) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik.
(2) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk
menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).
Mengenai ketentuan pidananya tertuang pada BAB XI Pasal 45 ayat 1 dan 2
Pasal 45
(1) Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (1),
ayat (2), ayat (3), atau ayat (4) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).
(2) Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (1) atau ayat (2) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

Pada dasarnya ketika artikel yang anda muat didalam blog memiliki kualitas yang baik, informatif dan edukatif, pengunjung blog Anda akan terus meningkat. Karena teknik menulis artikel seperti ini juga salah satu cara meningkatkan pengunjung blog atau trafik blog. Untuk itu berikut saya akan memberikan tips kepada Anda untuk meningkatkan kemampuan dalam menghasilkan artikel yang berkualitas.

Tips Menulis Artikel Berkualitas

Agar artikel yang Anda publis didalam blog atau website yang Anda miliki memiliki daya tarik sehingga banyak dibaca, berikut caranya:

1. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti banyak orang

Ketika menulis artikel, saya sarankan kepada Anda untuk menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar. Sehingga pengunjung tidak kebingungan untuk membaca artikel yang Anda tulis. Ketika Anda menggunakan bahasa daerah atau bahasa “GAUL” dalam sebuah artikel, maka hanya sebahagian orang saja yang mengeti, dan usahakan menggunakan bahasa standar saja sehingga semua kalanagan tingkat pendidikan mengerti apa yang Anda tulis.

2. Gunakan karakter/gaya bahasa

Karakter/gaya bahasa dalam menulis memang tidak mudah dibentuk, Anda harus banyak latihan sehingga Anda dapat menemukan karakter bahasa yang Anda gunakan dan memiliki ciri khas. Ketika Anda sudah memiliki ini, maka tulisan anda akan mudah diingat oleh pembaca artikel yang Anda tulis. Gunakanlah karakter bahasa dalam menulis sedikit “meliuk” dan memukau, sehingga artikel tidak kaku.

3. Gunakan tanda baca yang tepat

Penempatan tanda baca yang tepat dalam sebuah artikel akan membantu dan memudahkan pembaca untuk mengerti dan memetik poin penting dalam artikel yang di bacanya.

4. Artikel informatif dan edukatif

Jenis artikel memang banyak dan intensitasnya juga berbeda-beda. Biasanya artikel yang paling banyak dicara oleh pengguna internet adalah artikel yang bersifat informatif dan edukatif daripada artikel yang berisikan hanya curhatan. Untuk itu, setelah Anda menguasai teknik dan cara menulis artikel yang berkualitas, tulislah artukel yang informatif dan edukatif.

5. Banyaklah membaca

Poin ke 5 ini adalah inti dan merupakan hal yang fundamental dalam menghasilkan artikel yang berkualitas. Dengan banyak membaca, selain menambah ilmu kita juga dapat mengetahui hal yang baru dan menemukan ide-ide yang dapat kita tuangkan dalam sebuah artikel. Disamping itu juga kita akan mengenal banyak teknik untuk menghasilkan tulisan berkualitas. Intinya adalah orang yang mampu menghasilkan karya tulis yang berkualitas adalah orang yang banyak membaca.

Artikel diatas merupakan beberapa penjelasan tentang bagaimana tata cara menulis artikel di internet, etika – etika yang baik yang seharusnya dilakukan bagi penulis dan pasal – pasal / aturan yang diberlakukan bagi penulis di internet. semoga bermanfaat dan salam sejahtera untuk kita semua.

Referensi :

http://seedqyandy.wordpress.com/2013/01/18/etika-menulis-di-internet/

http://dialdistro.blogspot.com/2012/10/etika-menulis-di-internet.html

http://superblogpedia.blogspot.com/2013/04/tips-dan-cara-menulis-artikel-berkualitas.html