Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara organisme-organisme hidup dengan lingkungannya. Berasal dari kata Yunani oikos (“habitat”) dan logos (“ilmu”).

Sangat diperhatikan dengan hubungan energi dan menemukannya kembali kepada matahari kita yang merupakan sumber energi yang digunakan dalam fotosintesis

Ilmu lingkungan adalah ekologi yang menerapkan berbagai azas dan konsepnya kepada masalah yang lebih luas,yang menyangkut pula hubungan manusia dengan lingkungannya.

ILMU LINGKUNGAN adalah ekologi terapan.

Ilmu lingkungan ini mengintegrasikan berbagai ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik anatara jasad hidup (termasuk manusia) dengan dengan lingkungannya.

Pembagian Ekologi

  • Menurut Habitatnya
    Ekologi perairan tawar

    • Ekologi laut
    • Ekologi darat

    Menurut garis Taxonomi

    • Ekologi tumbuhan
    • Ekologi vertebrata
    • Ekologi serangga
    • Ekologi jasad renik

Masalah Lingkungan Hidup Timbul Pada dasarnya Karena:

  • Dinamika penduduk
  • Pemanfaatan dan pengelolaan sumberdaya yang kurang bijaksana
  • Kurang terkendalinya pemanfaatan ilmu pengethuan dan tehnologi maju
  • Dampak negatif yang muncul dari kemajuan ekonomi
  • Benturan tata ruang.

Pengelolaan lingkungan hidup merupakan usaha untuk memelihara atau dan memeperbaiki mutu lingkungan agar kebutuhan dasar kita terpenuhi dengan sebaik-baiknya.

Beberapa hal yang terkait dengan kegiatan ini:

Domestikasi, yaitu pemeliharaan tumbuhan dan hewan liar. Hal ini dimulai sangat awal pada kebudayaan manusia.

Citra lingkungan, kearifan ekologi atau gambaran tentang lingkungan idup. Ini dapat didasarkan pada:

  • ilmu pengetahuan
  • mistik

Cagar alam, adalah sebidang lahan yang dijaga untuk melindungi flora, fauna yang ada di dalamnya

  • Cagar budaya, pengertiannya serupa dengan cagar alam, yang dilindungi bukan suatu daerah yang bersifat alamiah, melainkan hasil budaya manusia. Misal: Candi, Kraton, Bngunan kuno
  • Cagar biosfir, dapat meliputi daerah yang dibudidayakan manusia, misalnay untuk pertanian secara tradisional dan pemukiman. Di sini boleh ada permukiman.
  • Taman nasional, pada prinsipnya sama dengan cagar alam, namun di dalamnya dapat dilakukan kegiatan pembangunan yang tidak bertentangan dengan tujuan pencagar alaman. Misal: pariwisata, pendidikan, penelitian.

ini dalam bentuk power point persentasi :

Contoh Video tentang Ekologi :

Kesimpulan :

jadi setelah saya membaca dan memahami tentang ekologi dan ilmu lingkungan ini, ilmu ini seharusnya diterapkan bagi kehidupan kita dalam menjalani segala aktifitas yang berhubungan dengan alam sekitar. lingkungan yang ada disekitar kita itu seharusnya kita rawat dan lindungi, jangan sampai merusak bahkan mengambilnya hanya untuk kepentingan diri sendiri tanpa memikirkan sebab dan akibatnya nanti. seperti contoh video diatas yang memperlihatkan sebab dan akibat dari keserakahan orang-orang yang tidak bertanggung jawab sehingga alam tidak bersahabat dengan manusia, marilah kita lindungi lingkungan sekitar, mari peduli akan indahnya alam yang hijau dan terawat dan hindari sikap individual yang hanya mengikuti keserakahan dan keuntungan diri sendiri.

Referensi :

http://kuliahpsikologi.dekrizky.com/ekologi-danilmu-lingkungan
http://www.4shared.com/document/r-8vCha1/Ekologi_sebagai_dasar_ilmu_pen.html
http://www.youtube.com