Berikut ini ada beberapa contoh masalah sosial yang masih harus dihadapi oleh bangsa Indonesia dan butuh penanganan bersama-sama antara pemerintah dan masyarakat.

  1. Kemisikinan
    Meski saat ini angka pertumbuhan ekonomi bangsa kita terus menunjukan grafik kenaikan namun pada kenyataannya masih banyak masyarakat di sekitar kita yang hidupnya masih berada di bawah standar yang layak. Ini menjadi masalah sosial yang bisa kita temukan dengan mudah baik di daerah pedesaan maupun perkotaan.
  2. Lapangan kerja
    Masalah sosial yang satu ini bisa mendorong timbulnya masalah lain yang tidak kalah seriusnya yaitu meningkatnya angka kriminalitas, kehidupan suatu keluarga yang tidak harmonis, rasa frustasi dan lain lain. Hal ini juga menjadi urusan yang butuh penanganan serius.
  3. Kesenjangan sosial
    Masalah sosial ini juga bisa menimbulkan efek yang lain. Misalnya terdapat perbedaan yang sangat mencolok antara orang yang mampu dan kelebihan harta serta orang yang hidupnya selalu dalam kondisi yang pas pasan saja. Hal ini bisa menimbulkan rasa kecemburuan yang tinggi sehingga menghilangkan rasa persaudaraan di masyarakat.
  4. Kemacetan lalu lintas
    Masalah sosial yang satu ini lebih sering terjadi terutama di kota-kota besar. Padahal efek dari kemacetan ini juga bisa menimbulkan kerugian yang cukup besar. Misalnya karena harus antri di keramaian lalu lintas orang akan kehilangan waktu untuk bekerja atau kegiatan lain yang bersifat produktif.
  5. Disiplin yang kurang
    Hal ini menjadi masalah sosial yang paling punya pengaruh terhadap kemajuan suatu wilayah atau negara. Namun untuk menangani masalah yang satu ini memang dibutuhkan kerja keras dan waktu yang cukup lama. Karena untuk menghilangkan problem yang kadangkala sudah menjadi budaya ini butuh pemahaman yang cukup dalam warga.
    (Referensi : http://www.anneahira.com/masalah-sosial-16717.htm)

Pendapat:

Dari semua permasalahan sosial yang telah saya baca pada permasalahan tentang kemiskinan di indonesia yang semakin banyak akibat dari segi pendidikan yang kurang, perhatian pemerintah yang tidak ditingkatkan maka akan semakin banyak pula tingkat kemiskinan di indonesia ini.

Permasalahan tentang lapangan kerja yang ada di indonesia itu sangatlah menyedihkan karena pengembangan dalam membuat lapangan kerja dalam bidang industri atau dalam bidang apapun sangat sulit, maka banyak terjadinya kejahatan dan kriminalitas di setiap daerah bahkan diperkotaan juga banyak sekali dalam tingkat kejahatan yang ada dan seharusnya masalah lapangan kerja ini harus lebih ditingkatkan lagi agar tingkat kejahatan dan pengangguran semakin sedikit.

Persoalan yang ketiga itu membahas tentang kesenjangan sosial yang dimana perbedaan kasta tinggi menengah dan bawah itu sangat terlihat, persoalan ini akan menimbulkan rasa ketersinggungan  baik kasta menengah ataupun bawah dan menghilangkan rasa persaudaraan.

Persoalan ke empat yaitu tentang kemacetan lalu lintas yang kebanyakan ada di kota-kota besar, persoalan ini penyebabnya adalah sangat mudahnya pasar automotif yang menjual kendaraan bermotor baik itu kendaraan roda empat maupun roda dua yang dipasarkan secara kredit maka semakin banyak juga peminat yang ingin membeli kendaraan bermotor untuk mempermudah aktifitasnya sehari-hari.

Persoalan yang terakhir yaitu tentang persoalan kedisiplinan yang dimana persoalan ini sangat penting untuk diperhatikan baik dalam negeri maupun negeri luar karena jika seseorang memiliki sikap disiplin maka hidupnya akan teratur bahkan sangat baik, tetapi di dalam realitanya sikap kedisiplinan diacuhkan bahkan tidak peduli akan pentingnya sikap disiplin ini.